Manaqib Syeikh Abdurrahman Siddiq Al Banjary.
Inilah versi panjangnya dari pada
{ MANAQIB DATUK SAPAT }
=======::=====:::=====::=======
SILSILAH KETURUNAN & KELAHIRAN SERTA MASA MENUNTUT NYA.
~~~~~~~***~~~~~~~~
بسم الله الرحمن الرحيم.الحمد لله الذى اختار من عباده العلمآء.والصلاة والسلام على سيدنا محمد المختار وعلى آله الأطهار وأصحابه الأخيار وكل من أحبهم.أما بعد:
Al 'Alimul 'Allaamah Syeikh Abdurrahman Shiddiq atau yang lebih di kenal dengan sebutan "TUAN GURU DATUK SAPAT", Beliau adalah seorang Ulama besar yg lahir pada tahun 1857 M / 1284 H di sebuah kampung yg bernama "DALAM PAGAR" Martapura, Kalimantan Selatan.
Beliau Lahir dimasa kepemerintahan SULTHON ADAM AL WASTIQI BILLAH Bin Sulthon Sulaiman Al Mu'tamadillah yang memerintah di kerajaan Banjar sejak tahun 1825M-1857 M.
Ayah nya bernama Syeikh Muhammad Afif (Datu Landak) Bin Ummi Sari Binti Kholifah Syeikh Zainuddin Bin Maulana Syeikh Muhammad Arsyad Al-Banjary atau yang lebih di kenal dengan "DATU KELAMPAYAN" pengarang kitab "SABILAL MUHTADIN".
Semasa kecil Beliau belajar ilmu agama dengan NENEK nya sendiri yang bernama UMMI SALAMAH. Setelah menganjak dewasa Beliau terus belajar ilmu agama kepada beberapa Tuan Guru yang ada di desa "DALAM PAGAR" di masa itu.
Diantaranya (Guru-Guru Beliau):
1. Al'Alimul Fadhil Al Hajj Tuan Guru Sa'id Wali.
2. Al'Alimul Fadhil Al Hajj Tuan Guru Muhammad Khotib.
3. Al'Alimul Fadhil Al Hajj Tuan Guru Abdurrahman Muda, Dll.
Kemudian setelah Beliau selesai belajar ilmu dengan TUAN GURU yang ada di sekitar tempat tinggal, Beliau bercita cita ingin melanjutkan belajar ilmu agama ke TANAH SUCI MAKKAH, Namun sebelum berangkat bekal untuk kesana tidak cukup. Akhirnya Beliau berusaha dengan berkeliling Negeri mengembara ke berbagai Negeri, diantaranya kewilayah SUMATRA dan sekitarnya, Bangka-Palembang, Pariyaman, Singkil, Parlak, Aceh, Padang dan Natal, dalam rangka perjalanan ILMIYAH sambil berdagang batu permata sebagai modal untuk melanjutkan pendidikan agamanya ke tanah Haram.
Di masa pengembaraannya itu, Beliau juga sambil mengajar ilmu agama yang Beliau peroleh selama tinggal di kampung DALAM PAGAR. Di masa perantauan itu Beliau juga menyempatkan waktu untuk belajar serta meminta do'a dan berkah kepada beberapa ULAMA (TUAN GURU) yang masih hidup ataupun yang sudah wafat di masa itu.
Kemudian setelah di rasa cukup terkumpul perbekalan untuk pergi ke TANAH SUCI, Beliau pun memohon do'a restu kepada Orang Tua Beliau, dan sanak keluarga serta GURU-GURU Beliau untuk meneruskan pendidikannya di Negeri Makkatul Mukarromah. Dan akhirnya tercapai juga cita-cita Beliau untuk menuntut ilmu di Tanah Suci.
Selama kurang lebih 7 tahun Beliau berada di Negeri Makkah & Madinah banyaklah Ilmu-ilmu serta Sanad-sanad dan kedisiplinan ilmu dan berbagai pengalaman yang lain yang Beliau dapat disana. Dan atas ketajaman otak (kecerdasan) dan kealiman yg luar biasa,Beliau diberi gelar oleh Gurunya "AS-SHIDDIQ", Artinya Orang yang BENAR dalam segala ILMU & AMALnya. Sehingga jadilah nama Beliau menjadi "Syeikh Abdurrahman Shiddiq".
______________________________
* GURU-GURU BELIAU SELAMA DI TANAH HARAM:
Di antara GURU2 Beliau selama di Tanah Haram yaitu:
1. Syeikh Mufti Sayyid Zaini Dahlan (pengarang ktb Safinatun Naja).
2. Syeikh Nawawi Al-Bantani (pengarang ktb tafsir Marahul Labib & ratusan kitab lain nya).
3. Syeikh Bakri Syattho (pengarang ktb I'anatut tholibin).
4. Syeikh Muhammad Sa'id Ba Bashil.dan banyak lagi yang lainnya yang tidak diketahui di masa itu.
Selama tinggal di Makkah, Beliau dipercayakan oleh Guru nya untuk mengajar di ALQOH Masjidil Haram dengan mengajarkan berbagai FAN2 (PAK2) Ilmu agama, diantaranya: Ilmu Tafsir, Ilmu Hadist, Tauhid, Tashowwuf, Lugot dan lain lain nya.
______________________________
PERJALANAN & PERJUANGAN DAKWAH DALAM PERANTAUAN DI NEGERI ORANG SAMPAI AKHIR HAYAT BELIAU"
========::======::======::======:::======::========
ألا بذكر مناقب الأوليآء تنزل رحمات
"Mudah-mudahan dengan dibacakannya sebahagian dari pada MANAQIB (PERJALANAN HIDUP) Para Auliya, terlebih khusus manaqib Datu Sapat akan di turunkan beberapa RAHMAT dari Allah ta'ala berupa anugerah rizki hissi dan maknawi" Aamiiin yaa Robbal'aalamiiin.
Setelah tidak begitu lama Beliau Syeikh Abdurrahman Shiddiq Al-Banjary pulang dari Tanah Suci Makkah dan kembali ke kampung halaman, Beliau kembali melanjutkan MERANTAU ke berbagai Negeri di sekitar Jawa dan Sumatra. Ketika Beliau sudah berada di tanah JAWA, Beliau ditawarkan untik menjabat sebagai MUFTI BATAVIA (sekarang JAKARTA) untuk menggantikan MUFTI Sayyid Ustman Bin Abdullah Bin Aqil Bin Yahya, atau yang lebih di kenal dengan Sayyid Ustman Betawi, Namun Beliau menolaknya secara halus. Dan lagi di KESULTHONAN JHUHOR Malaysia, Beliau juga ditawarkan menjadi MUFTI disana, Namun Beliau kembali menolaknya.
Akhir nya, setelah Beliau bermuqim di PULAU BANGKA selama kurang lebih 15 tahun, dan kemudian bermuqim di kampung SAPAT Indra Giri akhirnya atas permintaan SULTHON Indra Giri pada masa itu Sulthon Mahmud Syah, Beliau Tuan Guru Syeikh Abdurrahman di MOHONKAN (di minta dengan sangat) untuk mau menjadi MUFTI Indra Giri yang berkedudukan di kota RENGAT Riau-Sumatra, Namun pada awal nya Beliau menolaknya, akan tetapi atas dasar pertimbangan yg matang, Demi untuk kemaslahatan Ummat dan Agama, akhirnya Beliau memperkenankannya (menjadi MUFTI), dengan SYARAT sebagai berikut:
1. TIDAK MENGGANGGU KEGIATAN HAMBA DALAM BELAJAR MENGAJAR YG BERADA DI KAMPUNG HIDAYAT-SAPAT.
2.HAMBA TIDAK BERKENAN MENERIMA UPAH/GAJIH SELAMA HAMBA MENJABAT SEBAGAI MUFTI.
Akhirnya Sang Sulthon memperkenankan akan SYARAT-SYARAT tersebut. (Tambahan dari Saya Penulis ini status dan sesuai dengan apa yang saya dengar dari mulut Penulis ini Manaqib) bahwasanya: "DATU SAPAT SELAMA MENJABAT MENJADI MUFTI KERAJAAN INDRA GIRI, SE PERSEN PUN TIDAK PERNAH MENGAMBIL GAJIH JABATAN MUFTI", SEDANGKAN UNTUK MENCUKUPI KEBUTUHAN BELIAU SEHARI HARI YAITU HASIL DARI PADA JERIH PAYAH BELIAU SENDIRI DENGAN BERKEBUN KELAPA DAN BERLADANG".
Selama kurang lebih 27 tahun menjabat menjadi MUFTI Kesulthonan INDRA GIRI dengan bermacam macam pengalaman yg ditemuinya, berupa suka dan duka, Akhirnya Beliau memohon diri untuk berhenti menjadi mufti dengan berbagai alasan dan pertimbangan Beliau, diantaranya Beliau merasa badan rasa sudah uzur (lemah), tidak sempurna lagi mengerjakan kebun dan lain-lain nya, payah (sulit) untuk membalas dan menulis FATWA-FATWA yang datang dari tempat yang jauh, dll nya dari pada urusan-urusan sebagai MUFTI.
Beliau Datu Sapat tinggal di sebuah kampung yang bernama "HIDAYAT" Artinya "Negeri yang mendapat Petunjuk". Beliau memiliki 9 orang ISTRI, dan mempunyai kurang lebih 30 Orang anak dan beberapa orang Menantu. Beliau ketika berada di HIDAYAT-SAPAT, ramailah orang-orang datang berkunjung (ziarah) dari berbagai Negeri dan Suku. Ada yg khusus berkunjung untuk menuntut Ilmu kepada Beliau, ada yang minta amalan-amalan, Fatwa-fatwa, Do'a dan mengambil BERKAT serta memberikan hadiah ala kadarnya kepada Tuan Guru Datu Sapat, ada yang berupa padi, Emas, Uang, Kain, Buah-buahan dan lain-lainnya. Yang demikian itu adalah semata-mata sebagai tanda KECINTAAN dan ADAB mereka terhadap TUAN GURU yang mengajari mereka.
Dengan bermuqimnya Beliau di kampung SAPAT, ramailah orang-orang pergi ke Sapat, bahkan ada yang pindah untuk bermuqim disana, ada yang hanya sekedar berkunjung dan tinggal beberapa bulan, bahkan ada yang sampai setahun yang demikian itu hanya semata-mata untuk menuntut Ilmu kepada Beliau, serta menolong Beliau dalam membangun Negeri, Mesjid dan Madrasah sambil berkebun dan berladang dan usaha yang lainnya. Yang semua itu Beliau beserta Masyarakat lakukan diperuntukan membangun dan membina AGAMA & UMMAT, Bahkan Beliau mewaqofkan kurang lebih 20 Hektar/120 Baris Lahan perkebunan kelapa yang semuanya digunakan untuk kemaslahatan agama dan ummat. Dan cara-cara yang Beliau lakukan itu adalah sebagai CONTOH buat Murid-murid Beliau yang akan meneruskan perjuangan Beliau dalam membina agama dan ummat.
Diantara MURID-MURID Beliau yang meneruskan PERJUANGAN Beliau diantaranya adalah:
1.Tuan Guru Al Fadhil Haji Abdul Fattah di Mumpa.
2.Tuan Guru Al Fadhil Haji Abdul Ghoffar di Bangka.
3.Tuan Guru Al Fadhil Haji Rasydi Samau di Tungkal.
4.Tuan Guru Al Fadhil Tuan Khiyath di Sapat.
5.Tuan Guru Al Fadhil Haji Muhammad Nazur di Sungai Piyai-Hidayat.
Dan banyak lagi yg lain-lainnya yang tersebar Murid-murid Beliau di berbagai penjuru Negeri, baik di daerah Jambi, Tungkal, Medan, Rengat, Malaysia, Bangka, Singapora, dll, bahkan ada dari Mekkah, Mesir dan HadroMaut-Yaman yang mereka itu datang berkunjung dan menuntut Ilmu kepada Beliau, sekaligus memohon do'a restu dan berkahnya.
________________________________
DIANTARA WASHIAT BELIAU (SYEIKH ABDURRAHMAN SHIDDQI AL BANJARY) ADALAH:
1. Hendaklah anak-anak serta Dzurriyat-dzurriyat Hamba menuntut Ilmu agama yang betul-betul Ahlussunnah Wal Jama'ah (ASWAJA) dengan Ulama-ulama yang memakai AlQur'an, Hadist, Ijma' dan Qiyas.
2. Hendaklah sebagai Seorang Ulama (jadi Tuan Guru/Pengajar) itu berADAB seperti Adab-adab para Anbiya wal Mursalin. Yakni menhutamakan Adab & Akhlak dalam menyampaikan Ilmu dan sehari-hari.
3. Jangan mengambil UPAH/GAJIH di dalam mengajarkan & Menghuraikan Ilmu agama. Jika demikian itu di ambil, Niscaya tidaklah BEBERKAH ilmu dan hartanya.
4. Sepanjang pendapat (pengetahuan Hamba) serta KAJIAN para Ulama bahwasanya "TIDAK ADA PANGKAT YANGG LEBIH TINGGI DERAJAT NYA (disisi Allah), SELAIN PANGKAT MENJADI ULAMA".
5. Hendaklah Engkau di dalam BERUSAHA menuntut penghidupan itu semata-mata hanya untuk ILMU & IBADAH saja, seperti berkebun dan berladang.
6. Kurang lebih 15 Tahun Hamba berada di daerah PULAU BANGKA BELITUNG dan 29 Tahun di INDRA GIRI dalam mengajar Ilmu agama, Namun selama itu Hamba tidak pernah menuntut (meminta) GAJIH/UPAH kepada Murid, hanya Hamba berusaha sendiri (untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari) dengan berkebun dan berladang.
________________________________
SEBAHAGIAN KAROMAH BELIAU DAN HARI WAFATNYA:
Selama kurang lebih 29 tahun Beliau Datu Sapat Syeikh Abdurrahman Shiddiq Bin Muhammad Afif Al-Banjary tinggal di INDRA GIRI HILIR, Tepatnya di kampung Hidayat-Sapat dengan kegiatan sehari-hari BELAJAR & MENGAJAR sambil berkebun dan berladang, Beliau menjamin keperluan Murid-Murid Beliau yang menuntut Ilmu yang mengabdi kepada Agama dari pada makan dan minum mereka, bahkan tempat tinggal pun Beliau sediakan untuk mereka.
Dengan keilmuannya yang sangat luar biasa, Beliau juga memiliki berbagai KAROMAH yang sangat amat banyak, baik semasa hidupnya hingga sesudah wafatnya.
DIANTARA KAROMAH BELIAU YAITU:
1. Manakala kompeni Belanda ingin menangkap Beliau, tiba-tiba saja Beliau menghilang dan yang terlihat oleh Belanda hanya sebuah pohon besar saja.
2. Segala Binatang laut maupun darat semuanya tunduk kepada Beliau, seperti harimau, buaya dan ular.
3. Pernah terjadi (yang di saksikan Murid-murid Beliau), ketika Tuan Guru Sapat (Datu Sapat) sedang mengajar, tiba tiba saja ada muncul seekor harimau di tengah tengah pengajian, namun Beliau tidak beranjak dari tempat duduk, hanya saja ada beberapa orang dari pada Murid Beliau yang lari dan sebahagian nya lagi ada yang meninggalkan tempat itu, karena ketakutan.(selanjutnya, wallaahu'alam, menurut hamba tentu saja harimau itu tunduk dan patuh kepada Beliau).
4. Ketika seorang Saudagar kaya pergi berlayar ke Singapura, tiba-tiba saja (dipertengahan perlayaran) angin kencang gelombang menghampas perahu layarnya, Kemudian Saudagar itu dan bersama teman-temannya yang ada di perahu bersegera BERTAWASSUL, seraya memanggil:
"YAA SYEIKH ABDURRAHMAN SHIDDIQ" 3X," KAMI DALAM KESENGSARAAN...TOLONGI KAMI".
Maka, tiba-tiba saja datang Tuan Guru Syeikh Abdurrahman Shiddiq memegang haluan kapal itu dan seketika berhentilah angin tersebut. (inilah yang disebut dengan ber "TAWASSUL").
5. Di ketika Beliau ingin meninggalkan Negeri Banjar menuju Sumatra, Beliau ditanya orang:
SIAPA LAGI YG AKAN MENGAJAR KAMI, KALAU TUAN GURU PERGI NANTI NYA?
Maka Tuan Guru Datu Sapat langsung menepuk pundak Tuan Guru Haji Zainal Ilmi. Maka akhirnya Tuan Guru Haji Zainal Ilmi lah yang menggantikan Datu Sapat pada waktu itu. Inilah yang disebut orang dengan "FUTUH" Artinya "Terbuka hizab melihat dan mengetahui apa yang tidak bisa dilihat orang biasa".
Dan sebesar-besar dari pada KAROMAH yang telah disebutkan itu adalah KAROMAH ILMU & AMAL, Karena Beliau memiliki ilmu yang sangat luas, dan menguasai berbagai pak-pak ilmu agama, dan Beliau juga memiliki Murid-murid yang terbesar dimana-mana ada, dan Beliau juga memiliki harta yang berlimpah, padahal kalau dipandang secara zhohir, Beliau tidak berusaha yang terlalu sibuk seperti kebanyakan orang, tetapi Beliau mampu membikin Mesjid, Madrasah, dan bahkan memberi makan dan minum dan tempat tinggal Murid-muridnya, serta menjamu tamu-tamunya yang datang.
Di dalam kitab "Jamharotul Auliya" disebutkan:
"الإستقامة خير من ألف كرامة"
"BERMULA ISTIQOMAH (tetap & teguh tanpa berubah dan berhenti) DI DALAM ILMU DAN BERAMAL ITU, YAITU LEBIH BAIK DARI PADA SERIBU MACAM KAROMAH".
Beliau juga memiliki berbagai macam karangan kitab, diantara nya:
1. Aqo'idul Iman (ilmu tauhid).
2. Asrorus Sholah (ilmu fiqih & tashawwuf).
3. Amal Ma'rifat (ilmu hakikat)
4. Mau'izhotun Li Nafsii (nasehat-nasehat)
5. Sya'ir Ibarot (ilmu hakikat & tashawwuf), dll nya. Itulah bukti yang sangat jelas dari pada KAROMAH Beliau yang sampai saat ini kita saksikan dari pada KARYA-KARYA & PENINGGALAN-PENINGGALAN Beliau.
(hamba kata): Berkata Buyut Datu Sapat pengarang ini manaqib:
Datu Sapat sebenarnya memiliki 12 macam kitab karangan, namun yang masyhur yang tersebar hanya 5 macam saja). Dan alhamdulillah hamba penulis ini status di beri penghormatan oleh Beliau untuk melihat karangan kitab Datu Sapat yang tidak disebarkan ke masyarakat umum. Subhaanallah, waktu itu hamba langsung ta'jub melihat nya.
________________________________
~HARI WAFAT NYA BELIAU~
إنا لله وإنا إليه راجعون
Hari demi hari, waktu ke waktu, badan pun semakin lemah, tenaga berkurang, penyakit pun tidak kunjung sembuh, akhirnya tepat pada hari SENIN, 4 SYA'BAN TAHUN 1357 HIJRIAH, atau bertepatan dgn 10 Maret 1939 Masehi, Ruh yang Mulia Tuan Guru Datu Sapat menghembuskan nafasnya yang terakhir, kembali menghadap Hadrot Allah ta'ala dengan diiringi isak tangis dan duka cita yang amat mendalam oleh Istri-istri, Anak ,Karabat dan Murid-murid yang sangat mencintainya. Mereka telah kehilangan seorang ULAMA MAHA GURU LAGI WALIYULLAH yang selama ini menerangi Negeri dengan ilmu dan amalnya ,dengan beribu jasa yang tidak ternilai harganya, baik berupa harta, tenaga dan fikiran.
Semoga kita yang tertinggal selalu mendapat KEBERKAHAN dari Beliau dan mampu menghargai atas JASA-JASAnya serta meneruskan segala CITA-CITA dan PERJUANGAN Beliau, dan mudah-mudahan sepotong dari pada tulisan tentang MANAQIB Beliau ini Allah turunkan ROHMAT dan KAROMAH Nya kepada kita sekalian. Aamiiin3X Allaahumma Aamiiin yaa Robbal'aalamiiin.
Mohon ma'af atas kesalahan hamba yang menulis ini dan semoga bermanfa'at.
sumber:Postingan FB
Tags
Ulama
